OwoPin merupakan toko online yang melayani pemesanan, pencetakan dan pembuatan PIN peniti dan Gantungan Kunci dari berbagai penjuru nusantara. PIN peniti adalah salah satu media publikasi dan promosi usaha Anda dengan hasil yang sangat efektif namun biaya sangat efisien dan jangan ragu untuk bekerja sama dengan OWOpin. Saat ini banyak media promosi di mana-mana, salah satu nya menggunakan PIN untuk media promosi.
 

Tips dan Trik Cara Membuat PIN Yang Baik dan Benar

1.  Kasus PIN Tidak Mengikat / Menjepit

Bila sedang proses pembuatan PIN, pada mesin keduanya ternyata PIN tidak mengikat dengan baik (kaleng dan gambar terlepas terpisah/ rijek).

Solusi :
Kasusnya apabila kaleng tidak mengikat dikarenakan oleh kurangnya tekanan untuk koin dari bawah ke atas, hingga menyebabkan kaleng belum waktunya menekuk ke arah koin, sudah tertekan oleh lingkaran huk di mates PIN hingga terjadi rijek.

Solusi 
1 : adalah dengan diberi ring untuk baut dibawah dan diantara baut dan matres (sebelumnya matres mesin dibuka terlebih dahulu seperti contoh digambar).
Solusi 2 : adalah dengan memotong kertas tebal sesuai dengan lingkaran matres, dan diberi doublan kertas tebal dibawahnya.

Keterangan : Tebalnya ring atau kertas yang digunting disesuaikan dengan hasilnya PIN sudah menjepit dengan baik atau belum dan apabila kebanyakan juga berpengaruh ke hasil PIN, hasilnya tidak maksimal akan membuat PIN tidak mengikat dikarenakan double-an kertasnya terlalu keatas hingga kaleng tidak menekuk untuk menjepit, selalu tes dan ukur.

2.  Kasus PIN Rijek / Rusak
Apabila dalam pembuatan atau pencetakan PIN sering terjadi rijek/rusak pada mesin ke dua.

Solusi :
Solusi 1 : Bisa disebabkan tidak stabil jalan treknya mesin (goyang) mungkin solusinya bisa dilihat waktu membeli mesin pin, pilihlah yang baik jalannya dan tidak goyang (stabil). Apabila tidak ada stock mesin pin yang baik waktu membeli di toko, alangkah baiknya waktu memproduksi PINnya harus hati-hati dalam memproduksinya untuk menghindari rijek atay kerusakan yang lebih banyak.
Solusi 2 : Untuk kasus yang lain bisa disebabkan oleh setelan mesin press PIN yang tidak pas waktu ditekan, sebelum memulai pekerjaan tolong disetel mesin baik matres pertama dan matres ke dua pas setelannya (setelanya ada pada plat kecil yang menonjol diatas matres ke dua, yang disesuaikan dengan matres pertama dan matres kedua apakah waktu digeser sudah stabil atau blm )

Keterangan :
Apabila solusi diatas bisa dijalankan dengan baik maka hasilnya pun akan maksimal, apabila mengerjakan pembuatan pin ( mesinya sering goyang/tidak stabil ) disarankan pada proses pengepresan mesin kedua harus hati-hati dan pelan-pelan pengerjaanya, perhatikan posisi mesin kedua bila sudah stabil baru ditekan .
*(Jangan terburu buru bagi pemula dalam memproduksi pin,
Santai saja Mas Brooo... )

3. Kasus Kaleng Tajam
Apabila sedang mengerjakan PIN, ternyata kalengnya Tajam.

Solusi :
Solusi 1 : Dapat dicoba dengan memberikan dobelan kertas putih yang tipis pada waktu mengepresan mesin pertama.
Solusi 2 : Dapat menukar atau retur ke tempat  Anda membeli bahan baku.

4.  Kasus Pin Rijek ke-2
Apabila dalam membuat PIN terjadi rijek, mika atau kertas yang sudah dilaminating tidak dapat dipres/mengikat dengan baik.

Solusi :
Solusi 1 : Untuk yang mengunakan bahan lapisan mika, dikarenakan waktu pengresan PIN untuk mesin yang pertama tidak sejajar mika dengan gambar ( hingga mika keluar jalur dari lingkaran mesin pertama) sehingga menyebabkan tidak sempurnanya pada waktu menekuk pada mesin kedua hingga terjadi rijek atau kerusakan.
Solusi 2 : Untuk proses laminasi tolong dicek apakah gambar itu benar-benar dipotong dengan benar/dipound  yang disesuaikan dengan lingkaran mesin pertama, apabila tidak sesuai / gambar dan laminating terpotong, akan menyebabkan PIN rijek atau rusak. Ini dikarenakan Gambar tidak full dengan ukuran standard akan terpotong hingga tidak sempurna waktu dipress, hingga terjadi rijek atau rusak.

5.  Pengepakan
Apabila selesai produksi maka akan ada tahap pengepakan, dengan pengepakan yang baik dan benar maka resiko barang yang rusak dalam proses pengiriman akan dapat diminimalisir atau bahkan dihindarkan, apabila pengempakan kurang baik akan menyebakan permukaan PIN akan lecet dan rusak hingga akan mengakibatkan Klient kita tidak puas (complent).

Solusi :
Solusinya : Yaitu waktu pengepakan, permukaan PIN peniti harus menempel dengan permukaan PIN peniti yang lain (muka ke temu muka) dan disusun sejajar, untuk menghindarkan permukaan PIN jepit peniti bergesekan atau tertekan dengan peniti,  hingga menyebabkan permukaan PIN jepit peniti lecet dan rusak (seperti contoh gambar).
 

Baca juga artikel CARA MEMBUAT PIN klik disini

Facebook OWOpin klik disini

1 komentar:

Mr. Alsavador mengatakan...

Terima kasih banyak atas tipsnya. Sangat bermanfaat bagi saat cetak pin

Posting Komentar